Manfaat sholat dari sudut pandang kesehatan

Selain mendapat pahala ternyata sholat memiliki manfaat lain,,,, apa saja silahkan simak ulasan di bawah ini :
Berdiri Lurus
Berdiri lurus adalah pelurusaan tulang belakang,dan menjadi awal dari sebuah latihan pernapasan,pencernaan dan tulang.
Takbir
Takbir merupakan latihan awal pernapasan. paru-paru kita tersusun dari tulang iga yang melengkung dan tulang belakang yang mencembung.Takbir berarti kegiatan  mengangkat lengan  dan merenggangkanya,hingga rongga dada mengembang seperti paru-paru,serta merenggangkan otot –otot sehingga aliran darah yang membawa oksigen menjadi lancar.
Ruku
Ruku bermanfaat memperlancar aliran darah dan getah bening ke leher di karenakan letak bahu dan leher sejajar.Aliran akan semakin lancar jika ruku di lakukan dengan bemar yaitu dengan cara meletakan perut dan dada lebih tingga dari pada leher.manfaat lain dari ruku antara lain mengempiskan pernapasan,mencegah pengapuran,mencegah prostat,dapat mengempiskan ginjal,dan melancarkan kemih.
Sujud
Manfaat dari sujud antara lain mencegah wasir,mengalirkan getah bening dari dari tungkai perut dan dada ke leher di karenakan lebih tinggi.Sujud yang cepat tidak bermanfaat di karenakan tidak dapat mengalirkan getah bening dan tidak melatih tulang belakang dan otot secara maksimal.Tak heran jika sebagiaan sahabat Rosul menceritakan bahwa Rosulluloh sering lama dalam bersujud, selain itu sujud adalah manifestasi ketotala kita dalam  berpasrah diri kepada Allah,bahwa manusia adalah mahluk ang lemah,seorang hamba yang sudah bisa menikmati solatnya ,maka jiwa nya dalam titik nol,dalam kondisi  yang paling pasrah dan stabil,seseorang yang di landa stres akan terbebas dari segala beban sedangkan secara fisik otot-otot yang kaku akan di ulur,sehingga seorang hamba yang pandai dan beriman dalam memaknai sholat tidak akan pernah dilanda keputusasaan (stress)
Duduk antara dua sujud
Manfaatnya antara lain dapat mengatifkan kelenjar keringat di karenakan bertemunya lipatan paha dan betis sehingga dapat mengatasi pengapuran,di karenakan pembuluh darah di pangkal kaki tertekan hingga darah akan memenuhi seluruh telapak kaki mulai dari  mata kaki sehingga pembuluh di telapak kaki mengembang,geraka ini menjaga supaya kaki dapat secara optimal menopang tubuh kita.
Salam
Gerakan salam yang merupakan penutup sholat ,dengan memalingkan wajah ke kanan dan ke kiri bermanfaat untuk menjaga kelenturan urat leher. Gerakann ini juga akan mempercepat aliran getah bening ke leher ke jantung.
Sholat lehbih canggih dari yoga ,,, “Apakah pendapatmu sekiranya  terdapat sebuah sungai di hadapan pintu salah seorang  di antara kamu dan dia mandi se tiap hari lima kali. Apakah masih ada kotoran pada badannya ?”,para sahabat menjawab : “sudah pasti tidak ada sedkitpun kotoran di badan nya”, lalu beliau bersabda:” begitulah perumpamaan  sholat lima waktu.Allah menghapus segala kesalahan mereka”.(H.R Abu Hurairah r.a).
Tidak ada kehidupan yang lebih canggih selain idup di jalan yang lurus ,yaitu jalan yang penuh kebaikan seperti yang di peroleh oleh Nabi dan Rosul.


Share on Google Plus

0 comments: