Manfaat wudlu dari segi kesehatan Modern

Berwudlu(bersuci) adalah hal wajib yang harus dilakukan seorang muslim sebelum beribadah kepada Yang Maha Esa,selain dapat menyucikan secara baitiniah ternyata secara lahiriahpun ada ,bahkan dari sudut pandang kesehatan modernpun sudah mengakuinya !
Manfaat secara umum
Kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh kita ,selain membungkus tubuh saebagai fungsi utama kulit juga berfungsi sebagai pelindung dari berbagai ancaman kuman ,virus,radiasi  dan mengatur suhu tubuh.Fungsi ekresi adalah (tempat pembuangan zat-zat yang tidak berguna melalui pori-pori) dan media komunikasi antara sel syaraf untuk merangsang nyeri,panas,sentuhan dan tekanan.
Begitu besar fungsi kulit maka kestabilan di tentukan oleh PH (derajat keasaman ) dan kelembapan.
Salah satu cara menjaga kelembabpan dan menjaga kestabilan kulit adalah dengan cara berwudlu (bersuci)
Jika kulis sering kering maka akan sangat mudah kuman atau penyakit akan menghampiri tubuh kita,jadi dengan bersuci  berarti anda membantu proses peremajaan dan pencucian kulit,selaput lendir,dan juga lubang –lubang tubuh yang berubungan dengan dunia luar (pori kulit,rongga mulut,hidung,telinga). Kulit merupakan tempat favorit berkembangnya kuman  seperti staphylococcus epidermis,  staphylococcus aureus, streptococcus pyogenes,mycobacterium sp (penyakit TBC kulit), Sedangkan di mulut terdapat kuman yang bernama streptococcus pneumonia (penyakit pneumoni paru) ,neisseria sp,Hemophilus sp .
Membasuh Ke Dua Tangan
Bahkan seorang ahli bedah di wajibkan untuk membasuh tangan nya sebelum melakukan operasi pada pasien nya sebagai langkah sterilisasi dari kuman,namun cara ini baru di kenal pada abad ke -20 ,tahukah anda bahwa jepang perlu 100 tahun untuk bisa membiasakan cuci tangan sebelum melakukan operasi pada pasien nya,padahal umat islam sydah membiasakan cara ini pada abadke-14.Luar biasakan !
Berkumur-kumur
Berkumur-kumur berarti membersihkan mulut dari segala penyakit,sisa makanan yang menempel di mulut / di sela-sela gigi jika tidak di bersihkan (dengan berkumur-kumur /sikat gigi ) akhirnya akan menjadi mediasi tempat pertumbuhan kuman,Dengan berkumur-kumur sacara benar dan di lakukan lima kali sehari tanpa sadari berarti kita sudah mencegah dari infeksi gigi dan mulut,berkumur juga bermanfaat menjaga mulut dari radang  dan menjaga gusi dari luka bahkan sekaligus membersihkan sisa makanan yang  tertinggal atau menempel di sela-sela gigi setelah kita makan.Manfaat lain berkumur adalah mampu menguatkan ,menjaga kesegaran,menenangkan jiwa dan wajah.
Istinsyaq
Istinsyaq adalah menghirup air dengan lubang ,melalui hidung menuju ke tenggorokan bagian hidung (nasofaring). Fungsinya untuk mensucikan selaput dan lendir hidung yang tercemar oleh udara kotor dan kuman,selama ini basis pertahanan pertama pernapasan adalah selaput dan lendir hidung !
Dengan istinsyaq semoga  kuman seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).
Tim kedokteran Universitas Alexandria menyatakan di dalam penelitaan nya bahwa orang yang memersihkan hidungnya secara kontinyu maka hidung mereka terbebas dari debu,bakteri dan mikroba. Dengan Istinsyaq dapat menjaga manusia akan bahaya mikroba dari hidung ke anggota tubuh yang lain.
Membasuh wajah dan telapak tangan
Membasuh wajah dan kedua telapak tangan sampai ke siku juga tidak kalah penting selain menghilngkan mikroba juga bermanfaat menghilangkan keringat di permukaan kulit dan membersihkan kulit dari lemak yang di partisi oleh kelenjar kulit,tempat inilah yang sangat mudah berkembang biaknya bakteri.
Begitu pula membersihkan telinga  sampai mencuci kaki dan telapak kaki yang berguna untuk mencegah berbagai infeksi cacing dan sekarang masih menjadi kendala di negara kita.
Membasuh telapak kaki

Membasuh ke dua telapak kaki dapat mendatangkan perasaan tenang dan nyaman,karena telapak kaki merupakan cerminan seluruh perangkat tubuh.orang yang berwudhu seakan-akan memijat seluruh tubuhnya ssatu per satu, padahal dia hanya membasuh telapak kakinya dengan air dengan baik .ini merupakan salah satu rahasia timbulnya perasaan tenang dan nyaman yang di rasakan seorang muslim setelah berwudhu.
sekian dulu manfaat dari wudlu semoga bermanfaat
Share on Google Plus

0 comments: