Kelebihan Dan Kekurangan Windows phone 7



Meski tak sepopuler OS smartphone lainya seperti android,blackbarry maupun ios, windows phone seperti nya sudah mulai banyak peminatnya,namun setiap OS smartphone seperti WINDOWS PHONE  7, WINDOWS PHONE  7,5 WINDOWS PHONE  8, WINDOWS PHONE  8,1 tentu memiliki kelebihan dan kekurangan . Menurut wikipedia windows phone adalah keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang di kembangkan oleh MICROSOFT dan merupakan penganti windows mobile sistem ini pertama kali meluncur di bulan oktober 2011.
Ulasan di bawah ini saya ambil sebagian saja setiap versi Os windows phone tentu berbeda beda
KELEBIHAN WINDOWS PHONE 7
1.Konsistensi UI
Jika di smartphone lain terlihat berbeda padahal OS nya sama,maka di WP itu tidak akan terjadi, namun jangan kawatir jika anda sudah mulai bosan dengan menu kotak “ yang biasa ,anda bisa mencari nya di market place bermacam –macam  wallpaper bahkan bisa menyerupai andoid,blackbarry,bahkan aple pun bisa anda coba.
2.Tampilan antar muka yang simple
Windows phone memang terlihat paling simple jika di banding OS lain nya , tapi untuk kemampuan kinerja pantas mendapat acungan jempol ,bisa anda buktikan sendiri !
3.Tidak adanya aplikasi sampah
Pernah gak anda download di andoid  dengan memori yang lumayan gede eh waktu di jalanin ternyata aplikasinya hanyalah sampah alias tidak bisa di gunakan ,open source memang menjadi daya tarik yang sangat tinggi untuk Os android tetapi banyak nya aplikasi sampah, kita di tuntut harus lebih jeli sebelum mengunduhnya. Jika saat ini anda adalah pengguna WP maka masalah sampah ini tidak akan pernah anda temui bahkan game grafis  3G yang rumit pun bisa .
4.Intergrasi Windows Phone yang luar bisa
Jika anda adalah penggemar game di xbox dengan hp windows phone anda tidak akan pernah ketinggalan untuk main game,misalnya kamu main sebuah game di xbox maka hampir pasti kamu juga temukan gamenya di ponsel kamu  tidak hanya itu saja ,point level atau apa saja yang anda dapat kan saat di mainkan di xbokx ,anda bisa temukan juga di ponsel ,begitu pula sebaliknya apapun yang anda dapakan saat main game di ponsel bisa anda lanjutkan di xbox ,bagaimana menarik bukan .
5.Intergrasi Microsoft office
Bagi anda yang sering buat dokumen atau kerja kantoran dan selalu membutuhkan laptop sepanjang waktu windows phone bisa di andalkan untuk menjadi penggantinya.
6.Keybord yang lebih baik
Jika di bandingkan dengan Os yang lain tentu keybord virtual windows phone jelas lebih baik,bahkan dengan harga yang lebih nurah dari Os lain
7.Tanpa iklan
Sedang main game serius eh ada iklan nyempil ganggu konsentrasi nah game yang banyak iklan memang mengganggu sedangkan di windows phone anda tidak akan menemuinya !      
 
Kekurangan Windows phone 7
1.No bluetooth file tranfer
Meski ada cara mentransfer file di windows phone 7 ,untuk orang awam seperti saya mungkin akan terasa sulit,karena anda harus meng instal aplikasi terpisah,tapi tak perlu kawatir untuk anda pengguna windows phone 8 untuk urusan file tranfer sudah menjadi salah satu kelebihan  windows 8
2.No USB Storage Mode
Jika di hape android atau black bary untuk transfer data hanya tinggal colokin USB maka di windows phone tidak bisa anda lakukan ,anda harus instal dulu aplikasi zune dulu di pc anda setelah itu file apaun bisa anda transfer sesuka hati anda,memang terlihat sulit cara ini tidak hanya windows phone lo aple pun sama
3.No Flash Silverlight SuportIn The Broser
Kemungkinan besar anda tidak akan bisa melihat video seperti youtube atau sebagainya dalam versie dekstop atau full web,artinya anda bisa memainkan video streming hanya dalam web versi mobile.
4.No Video Call
Bagi yang suka video call atau skype mungkin harus anda buang harapan jauh jauh karena aplikasi ini tidak bisa di instal
5.No Copy Paste
Mungkin kebiasaan buruk copy paste akan hilang jika anda menggunakan windows phone ,meskipun fitur ini sebenarnya sangat di butuhkan
6.No Divx/Xvid Video Suport
Agak repot memang ,sekarang memang sebagian besar video menggunakan format divx/xvid ,tapi tenang semua bisa anda sesuaikan di aplikasi ZUNE
Nah loh jadi bingungkan mau pilih yang mana ,,,, gak usah pusing pilih saja sesuai kebutuhan ,setelah itu sesuaikan budget anda lalu tentu kan pilihan anda ,,, terimakasih semoga bermanfaat




                                                                                                                                                                                                                   
Share on Google Plus

3 comments:

  1. Sedikit curhat, saya punya Lumia 710 beli awal tahun 2014 karena 'terpaksa', waktu itu hari libur (idul kurban) jadi saya niatkan ke WTC surabaya utk beli Sony Xperia Mini pro, tapi apa daya? Karena hari libur jadi banyak toko tutup :( yg cuma toko2 BB/SAMSUNG/NOKIA, akhirnya saya pilih Nokia lumia 710

    seken tapi mulus, kata penjualnya hp ini di jual soalnya pemilik sevelumnya tak tahu cara memakainya (saya anggap dia bego) akhirnya deal dgn harga 9k (saya yg bego) karena saya kira lumia pasti canggih, keren, fitur melimpah dll (saya yg bego)

    Masalah mulai muncul di hari ke 7, setelah saya hubungkan ke pc (win xp/7/8) muncul peringatan 'device is not recognized', saya heran hp canggih (produk ms sendiri) masa ga mau konek langsung ke pc? Akhirnya saya mengalah dengan cara download Zune (300 mb, ms/nokia anjing) lalu saya update ke versi 7.8 tapi tetap saja tak ada perubahan yg berarti, lalu muncul masalah kedua (bluetooth) ya! Saya tak bisa mengirim dan menerima apapun lewat bluetooth! (selain gambar dan kontak)

    Integrasi office yg dijanjikan pun setengah hati, fiturnya JAUUUUUUUHHHHH dari yg diharapkan, malah office winmo 6 lebih bagus dari wp7, filesharing lewat onedrive pun makan hati, fiturnya kalah dari 4shared/mediafire dll (apalagi google drive)

    Kalau review di atas bilang di wp tidak ada aplikasi sampah, coba buktikan sendiri, silahkan anda komen2 di wp7marketplace yg isinya penuh dengan kata2 kecewa/makian/sumpah serapah/kebun binatang dll. Android banyak sampah tapi kita punya kontrol penuh atas hp tersebut (lewat rooting) dan bisa ganti versi android yg sesuai dengan kemampuan hp, Lumia wp7? Sekarang di anggap anak buangan oleh ms/nokia (asu)

    Hp saya (lumia 710) memang bisa di jail break, tapi dengan resiko garansi hilang dan tidak diterima di servis resmi Nokia

    Saran saya kalau bisa anda hindari WP7 (terutama lumia) karena ini adalah produk gagal dari Nokia / Microsoft

    Utk pemilik blog = maaf kalau saya kurang ajar dan berkata yg tidak pantas, saya hanya menyampaikan pengalaman saya sebagai pemilik Nokia Lumia 710, saya hanya tak ingin ada orang yg bernasib sama dengan saya

    ReplyDelete
  2. Tambahan ini link review dari orang amrik sendiri soal WP7

    http://www.wpsauce.com/2012/05/windows-phones-suck.html

    ReplyDelete
  3. Yang anda tulis di atas memang bener bos ,kalau di untung mungkin saya lebih beruntung karena mendapat lumia batangqn dengan harga 500 ribu ,dan apa yang saya dapat dari fitur lumia 7.5 ? saya juga hanya mendapatkan rasa kecewa yg sama , mungkin jika anda punya eana lebih bisa menciba wp seri 8 ke atas jika memang anda penggila nokia ,dan saya sekedar memberitahu saja mungkin anda akan mendapat fitur yang lebih! Makasih bos sebelumnya dah komentar disini , tolong bos sarannya soalblog saya apa yg harus di kurangi dan apa yang harus di benahi , sory bos ane baru anak blog kemaren sore ,,,,:D

    ReplyDelete